LPMP NTT Siap Kawal Implementasi Kurikulum 2013

 

Kupang – Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan kesiapannya untuk mengawal implementasi Kurikulum 2013. Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala LPMP NTT, Minhajul Ngabidin, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/7)

Bentuk  kesiapan tersebut, kata Minhajul, dimulai dengan mengadakan rapat koordinasi  persiapan implementasi Kurikulum 2013. Rapat tersebut berlangsung di Kupang pada 2-4 Juli 2013 lalu dengan mengundang kepala sekolah dari 50 sekolah sasaran yang tersebar pada 4 kabupaten. “Yakni Kota Kupang 17 SD, 6 SMP dan 4 SMA; Kabupaten Kupang, 4 SD, 4 SMP dan 1 SMA; Kabupaten TTS, 2 SD, 3 SMP dan 1 SMA; dan Kabupaten  TTU, 3 SD, 2 SMP dan 1 SMA,” katanya.

Selain kepala sekolah, rapat tersebut juga mengundang perwakilan dari Dinas PPO, dan ditambah tenaga fungsional dan widyaswara dari LPMP, dengan jumlah total peserta lebih kurang 150 orang.

Adapun tujuan kegiatan tersebut, terang Minhajul, adalah untuk menyamakan persepsi tentang pola dan alur implementasi Kurikulum 2013. Juga, untuk memantapkan koordinasi dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 dengan sekolah sasaran. “Narasumber pada rakor tersebut adalah Kadis Pendidikan dan Pemuda dan Olahraga NTT, Klemens Meba, dan Saya sendiri,” katanya.

Di samping itu, lanjutnya, LPMP juga meluncurkan buku Kurikulum 2013 yang secara simbolis diberikan kepada lima orang siswa dan lima orang guru berprestasi, di Hotel Swiss Berlinn Kristal Internasional, Kupang, Senin (15/7). “Launching buku dan penyerahan buku Kurikulum 2013 tersebut menandakan telah diberlakukannya Kurikulum 2013, dan telah dikirimkannya buku ke 50 sekolah sasaran implementasi Kurikulum 2013 baik tingkat SD, SMP, SMA/SMK,” terangnya.

Bagi guru dan kepala sekolah serta pengawas sasaran yang dibekali pendidikan dan pelatihan (diklat) sebelum mengimplementasikan kurikulum 2013, mereka juga diberi buku pegangan guru dan buku pegangan siswa. Pelatihan tersebut telah dilaksanakan oleh LPMP Provinsi NTT bekerjasama dengan P4TK Pertanian Cianjur, P4TK Seni Budaya Yogyakarta pada tanggal 8-14 Juli 2013 di Kupang. "Diklat yang dilakukan ini membedah isi kurikulum dan mempersiapkan segala sesuatu termasuk melatih guru dan lebih difokuskan untuk pelaksanaan semester I, sedangkan untuk persiapan semester II nantinya akan dilaksanakan diklat lagi pada bulan September sampai Oktober 2013," pungkasnya.

Sumber: KEMDIKBUD


Komentar :

No Komen : 1
frans beeh :: 09-09-2013 09:26:25
LPMP NTT harus mampu membangun pendidikan NTT dgn cara memberikan diklat berkesinambungan mengenai kurikulum 2013
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]